WELCOME TO MY PROFILE

WELCOME TO MY PROFILE

Rabu, 08 November 2017

Kesimpulan Sumber-Sumber Belajar 

Sumber  Belajar didefenisikan oleh Ahmad Rohani sebagai segala apa (daya, lingkungan, pengalaman) yang dapat digunakan dan dapat menggunakan proses atau kegiatan pengajaran secara efektif dan efisien dan dapat memudahkan pencapaian tujuan/belajar, tersedia (sengaja disediakan/ dipersiapkan), baik yang langsung, ataupun tidak langsung, baik yang konkret atau abstrak. Menurut Arif S. Sadiman sumber belajar adalah segala macam sumber yang ada diluar seorang (peserta didik) dan yang memungkinkan/memudahkan terjadinya proses belajar.
Dari keduanya dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang berada diluar diri siswa baik berupa orang maupun benda, pengalaman serta lingkungan yang dapat dipergunakan memudahkan proses belajar dan kegiatan pengajaran secara efektif dan efisien dalam bentuk abstrak atau konkret. Sumber belajar diklasifikasikan menurut jenis sumber belajarnya, yaitu dari Pesan (Message), Manusia (People), Bahan (Material),Peralatan (Device), Teknik/Metode (Technique), Lingkungan (Setting).Sumber belajar yang dirancang atau dipergunakan untuk membantu belajar mengajar (learning resources by design). Sumber belajar tersebut juga tidak dirancang untuk kepentingan tujuan suatu kegiatan pengajaran yang disebut (learning recourses by utilization). Tujuan sumber belajar untuk mengumpulkan informasi  terjadiya kegiatan berpikir yang kemudian akan menimbulkan pemahaman yang mendalam dalam belajar (McFarlane, 1992). Manfaatnya untuk Mendorong terjadinya pemutusan perhatian terhadap topic sehingga membuat peserta didik menggali lebih banyak informasi dan menghasilakn hasil belajar yang lebih bermutu (Kulthan, 1993). Lingkungan sosial dapat digunakan untuk memperdalam ilmu-ilmu sosial dan Lingkungan fisik (alam) adalah segala sesuatu yang sifatnya alamiah.Fungsi dari sumber belajar adalah untuk meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah. Selain itu, fungsinya untuk memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya.Adapun faktor yang mempengaruhi sumber belajar yaitu dari Perkembangan Teknologi, Nilai-nilai budaya setempat, Keadaan ekonomi pada umunya, dan Keadaan pemakai. Dalam memilih sumber belajar harus memperhatikan kriteria; ekonomis, praktis, mudah, fleksibel, sesuai dengan tujuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar