WELCOME TO MY PROFILE

WELCOME TO MY PROFILE

Rabu, 08 November 2017

Kesimpulan Pendekatan Pembelajaran

Dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum,didalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.

Bisa disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran ada 2 macam yaitu:
1). Pendekatan Konsep dan Proses
  • Pendekatan konsep adalah suatu pendekatan pengajaran secara langsung menyajikan konsep tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati bagaimana konsep itu diperoleh.
  • Pendekatan proses adalah suatu pendekatan pembelajaran memberi kesempatan kepada siswa untuk ikut menghayati proses penemuan atau penyusunan suatu step sebagai suatu keterampilan proses.
2). Pendekatan Deduktif dan Induktif 
  • Pendekatan Deduktif adalah proses penalaran yang bermula dari keadaan umum dan keadaan khusus sebagai pendekatan pengajaran yang bermula dengan menyajikan aturan, prinsip umum itu kedalam keadaan khusus.
  • Pendekatan Induktif pada awalnya dikemukakan oleh filosofi Inggris Prancis Bacon (1561) yang menghendaki agar penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang kongkrit sebanyak mungkin, system ini pandang sebagai system berpikir yang paling baik pada abad pertengahan yaitu cara Induktif disebut juga sebagai dogmatif artinya bersifat mempercayai begitu saja tanpa diteliti secara rasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar